Powered By Blogger

Friday, August 10, 2012

King Julian, Kukang atau Lemur?



Gambar 1
Kenal dong siapa sih nama binatang yang ada di atas????? jika kalian penggemar berat dari film Madagascar 1 dan 2 serta penguins of Madagascar, pasti kaliann kenal dengan Raja egois yang hobinya menari ini....(jeng-jeng) Yup! dia adalah King Julian...yang kata film Penguin of Madagascar di salah satu stasiun televisi swasta G****l T* adalah seekor ...kukang....
oke sekarang kita lihat yuk, gambar asli kukang...

dan inilah dia :

Gambar 2
kok kayaknya beda sih????
gimana dengan gambar di bawah ini ?
Gambar 3


okeee....pertanyaannya adalah diantara gambar 2 dan 3 mana yang lebih mirip King Julian???
Jika diperhatikan tentu saja yang lebih mirip adalah gambar nomor 3....Ya, tentu saja karena King Julian bukanlah seekor kukang melainkan seekor lemur ekor cincin.

Meskipun keduanya berasal dari sub ordo prosomian ordo primata namun mereka adalah 2 satwa yang berbeda, termasuk juga untuk beberapa perilakunya :

1. Kukang merupakan satwa soliter sedangkan Lemur ekor cincin hidup berkelompok.
Selama hidupnya kukang lebih sering sendirian, dia bertemu dengan kukang lain untuk kawin atau jika masih anak-anak (menempel pada induknya) sedangkan lemur ekor cincin hidup dalam kelompok yang terdiri dari 6-30 ekor, tapi rata-rata 1 kelompok terdiri dari 17 ekor dan uniknya pemimpin kelompok adalah seekor betina dominan.

2. Kukang merupakan satwa arboreal artinya dia menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon sementara itu lemur ekor cincin walaupun dia juga memanjat pohon namun dia menghabiskan hampir seluruh hidupnya berada di tanah.

3. Kukang adalah satwa nokturnal (melakukan aktivitasnya pada malam hari) sedangkan lemur ekor cincin merupakan hewan diurnal (melakukan aktivitasnya pada siang hari).

4. Kukang tidak memiliki ekor, sedangkan lemur ekor cincin memiliki ekor yang panjang.

5. Panjang kukang berkisar antara 24 cm-30 cm sementara lemur ekor cincin 110 cm (hasil perhitungan dari moncong hingga ekor). Berat badan kukang bisa sampai 1 kg sedangkan lemur ekor cincin bisa sampai 2 kg. Dari sini saja kita dapat melihat perbedaan ukuran, kukang lebih kecil dari lemur ekor cincin.

6. Penyebaran Kukang terbatas hanya di daerah Asia (menyebar dari India sampai Asia Tenggara), sementara lemur ekor cincin merupakan satwa endemik Madagaskar.

Jadi, kesimpulannya kukang dan lemur ekor cincin bukanlah 2 satwa yang sama dan King Julian adalah lemur ekor cincin yang berasal dari Madagaskar. :)

 
source :
http://binatangonblog.blogspot.com/2011/03/lemur-ekor-cincin-lemur-catta.html
http://indonesia.mongabay.com/madagascar/08-wildlife-lemurs.html
http://www.arkive.org/ring-tailed-lemur/lemur-catta/image-G13900.html#text=Biology
Booklet Kukang
Pictures :
http://www.arkive.org/javan-slow-loris/nycticebus-javanicus/image-G41846.html (kukang)
http://andreaalexis.tumblr.com (king julian)
http://www.arkive.org/ring-tailed-lemur/lemur-catta/image-G13900.html (lemur ekor cincin)

No comments:

Post a Comment